Contact info

Selasa, 09 Juni 2015

Pentingnya Hukum Industri


Definisi Hukum menurut Utrecht adalah himpunan petunjuk hidup, perintah dan larangan yang mengatur tata tertib dalam suatu masyarakat yang seharusnya ditaati oleh seluruh anggota masyarakat. menurut Utrecht penyebab hukum ditaati adalah:
·     Karena orang merasakan peraturan dirasakan sebagai hukum.
  • Karena orang harus menerimanya supaya ada rasa tentram.
  • Karena masyarakat menghendakinya.
  • Karena adanya paksaan (sanksi) sosial.
Sedangkan definisi Industri adalah suatu kegiatan ekonomi yang mengolah barang mentah, bahan baku, barang setengah jadi atau barang jadi untuk dijadikan barang yang lebih tinggi kegunaannya atau secara garis besar dapat disimpulkan bahwa industri adalah kumpulan dari beberapa perusahaan yang memproduksi barang-barang tertentu dan menempati areal tertentu dengan output produksi berupa barang atau jasa.
Jadi Hukum industri adalah ilmu yang mengatur masalah perindustrian yang berada di Indonesia bahkan dunia. Mengatur bagaimana cara perusahaan mengatur perusahaannya dan sanksi-sanksi apa saja yang akan diterima jika perusahaan tersebut melanggar sanksi tersebut.
Contoh Kasus Pelanggaran Hukum Industri
Namun walaupun sudah dibuat perundang-perundangan tentang hukum industri di Indonesia masih banyak  perusahaan yang terjerat kasus pelanggaran terhadap perundang-udangan hukum industri di Indonesia. Contoh pelanggaran terhadap perundang-undangan hukum industri adalah
http://daerah.sindonews.com/read/981112/21/78-pabrik-di-banten-ancam-kesehatan-warga-1427260365

78 Pabrik di Banten Ancam Kesehatan Warga78 Pabrik di Banten Ancam Kesehatan Warga

source: http://daerah.sindonews.com/read/981112/21/78-pabrik-di-banten-ancam-kesehatan-warga-1427260365
78 Pabrik di Banten Ancam Kesehatan Warga

source: http://daerah.sindonews.com/read/981112/21/78-pabrik-di-banten-ancam-kesehatan-warga-1427260365
Inti permasalahan dari  pabrik- pabrik itu adalah pencemaran lingkungan.  Padahal seperti yang kita ketahui hal tersebut tidak akan terjadi apabila adanya koordinasi yang baik dengan instasi pemerintahan. Pencemaran lingkungan yang saat ini sering menjadi permasalahan adalah adanya limbah B3 yang berada dalam criteria aman. Namun Kasus ini belum di begitu diperdalam dan di selidi, seharusnya pemerintah harus lebih sigap dan cepat dalam menangani kasus ini. Apabila tidak di tangain cepat dan serius akan banyak korban jiwa dalam jangka waktu dekat maupun jangka panjang, dan yang menjadi korban orang-orang yang bermukin di daerah pabrik-pabrik tersebut.
Dari kasus tersebut kita dapat mengetahui pentingnya hukum industri terutama di Indonesia. Banyak perusahaan berlomba-lomba mengeluarkan teknologi yang terbaru untuk mendapatkan produk yang kwalitasnya semakin baik dengan harga yang semurah-murahnya. Namun ada begitu banyak perusahaan yang tidak mementingkan lingkungan, dengan melakukan pencemaran lingkungan baik air, tanah, dan udara. Pemerintah juga harus tegas dalam mengahadapi berbagai kasus pelanggaran terhadap hukum industri di Indonesia. Teknologi boleh terus berkembang pesat, namun kebersihan dan perawatan lingkungan harus tetap terjaga untuk membuat Negara bahkan dunia ini tidak tercemar oleh limbah.

0 komentar:

Posting Komentar